Trik Mudah Mempercepat Website: No Ngelag!

‘kok masih tetep lola ya? Udah 4G padahal..” dan berbagai pertanyaan lainnya yang merujuk pada hal dimana kita sudah mengoptimasi sinyal agar tetap stabil. Mulai dari membeli kembali paket data, sampai dengan mengganti kartu internetan agar dapat membuka website yang kita tuju, dan yang kita cari infonya. “tapi kok…. tetep ngelag aja yakk??…” Jadi, siapakah yang bersalah di permasalahan ini?

Trik Apa Saja Sih Agar Website Kita Mudah Di Buka Oleh Pembaca Dan Tidak Ada Kata Ngelag Untuk Website Kita?

Kadang ini yang sering menjadi problem besar bagi kebanyakan blogger yang memakai WordPress untuk platform mereka. Mengingat di WordPress ada begitu banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Tapi bukannya di pilih sesuai dengan kebutuhan, malah sebaliknya. Dan ya, begitulah hasil akhirnya.

So, hal apa saja kah yang perlu diperhatikan agar website kita tidak agar terhindar dari kata ngelag saat pemrosesan membuka website? Salah satunya adalah mengurangi pemakaian plugin yang rasanya tidak perlu. Mengingat hal ini akan berimbas pada topik yang sudah di singgung di awal. Lalu apa lagi?

Pahami Aturan Upload Gambar

Perlu di ketahui bahwa saat mengupload gambar, usahakan gambar yang akan di upload di blog Anda memiliki ukuran kurang dari 1 MB.  Mengapa? Selain akan memiliki ukuran yang cukup besar, komponen ini juga bisa dengan mudah membuat website Anda memiliki kecepatan loading yang lambat.

Maka tidak ada salahnya jika kita mengedit terlebih dahulu gambar yang akan di upload di blog. Usahakan juga memiliki lebar gambar dengan ukuran 300 x 162. Ini terbilang aman agar Anda dapat menguploadnya di blog.

Aktifkan Plugin Caching

Plugin caching merupakan salah satu plugin yang dapat Anda pakai di WordPress untuk menghindari adanya proses loading dari website. Meski bersifat sementara, bisa di bilang plugin ini menjadi salah satu cara alternatif Anda agar dapat memecahkan masalah mengenai hal tersebut.

Ada beberapa jenis plugin caching yang bisa Anda install. Dengan catatan Anda harus memahami betul cara kerja dari beberapa jenis plugin tersebut. Atau jika kiranya Anda tidak begitu yakin, Anda bisa mampir ke beberapa website yang menyediakan plugin demikian.

Memakai Gzip Compression

Jika Anda merasa mengedit gambar agar ukurannya pas dengan aturan yang ada agak susah, mungkin plugin ini bisa menjadi solusi problem Anda. Layaknya seperti aplikasi pengedit gambar, Gzip Compression ini juga hampir sama sistem kerjanya.

Hanya saja, plugin ini hanya dapat mengecilkan ukuran gambar yang awalnya sangat besar, bisa menjadi sedang ataupun paling minimum sekalipun. Mengingat, gambar merupakan komponen penting dalam sebuah konten blog. Namun akan sia-sia jika tidak diatur dari awalnya.

Optimasi Website Database

Seperti layaknya kartu SD yang ada di smartphone, Database juga sangat penting untuk terus dioptimasi agar terhindar dari beberapa problem yang nantinya akan merugikan Anda, salah satunya adalah website yang memiliki waktu loading yang cukup lama.

Perlu adanya jenis plugin yang dapat mengoptimasi hal tersebut. Namun dalam memilih pun Anda harus teliti dengan benar. Mengingat jika sudah terpasang dan ternyata kinerjanya tidak sesuai dengan harapan, yang rugi? Diri kita sendiri pastinya.

Pasang Plugin Autoptimize

Mungkin beberapa dari Anda, plugin ini agak asing, bahkan baru mengetahui bahwa ada plugin lain yang dapat membuat website Anda memiliki kecepatan loading yang sempurna. Ya, plugin ini memiliki fungsi sebagai alat yang mendeteksi beberapa kode yang tidak perlu, yang membuat proses loading menjadi lambat.

Pemilihan Hosting

Layaknya seperti memilih domain, memilih hosting juga harus hati-hati. Bagaimanapun nantinya yang akan merugi adalah diri Anda sendiri. Usahakan memilih jasa hosting yang sudah terpercaya dengan memiliki banyak track recordnya.

Hal ini menjadi penilaian Anda mengenai gambaran nantinya saat Anda akan menggunakan jasa hosting tersebut. Juga Anda disarankan untuk lebih hati-hati dalam memilih jasa hosting yang memberikan harga yang cukup murah. Jadi, sekian tentang ulasan kali ini. Semoga bisa menjadi referensi Anda.

Share